Saturday, September 9, 2017

Jangan Tidur Saat Pesawat Lepas Landas dan Mendarat! Ini Bahayanya Untuk Kesehatan Anda!


MajalahKesehatan - Tidur saat pesawat lepas landas atau mendarat mungkin pernah dialami sebagian orang. Namun sebaiknya hal ini tidak dijadikan kebiasaan.

Soalnya, tidur dalam kondisi pesawat lepas landas atau mendarat sangat tidak dianjurkan. Menurut sejumlah peneliti, tidur saat pesawat dalam keadaan tersebut bisa menyebabkan masalah kesehatan.


Ketika pesawat naik ke udara atau pun turun, tekanan udara di kabin berubah secara cepat mengikuti ketinggian, dan jika tubuh tidak siap beradaptasi, hal tersebut bisa merusak gendang telinga.

Karena pada saat tidur, Anda tidak bisa menutup telinga. Sedangkan telinga yang tak tertutup saat lepas landas, dapat membahayakan.

Hal ini dikarenakan ketika pesawat lepas landas atau akan mendarat, tekanan udara di kabin dapat berubah dengan cepat.

Jika Anda tak mempersiapkan hal ini dengan tepat, maka tabung eustachius yang berfungsi menyamakan tekanan udara di daerah telinga terancam rusak.

Berusaha tetap terjaga selama lepas landas dan mendarat membuat telinga mengimbangkan tekanan udara di dalam gendang telinga.

Menelan atau menguap membuka tabung Eustachian dan membuat udara mengalir masuk dan keluar ke bagian tengah telinga. Ini membantu mengimbangi tekanan udara di masing-masing gendang telinga.

Jika tabung Eustachian tersumbat, tekanan udara di bagian tengah telinga berbeda dengan tekanan di bagian luar gendang telinga.

Nah, agar tidak mengantuk pada situasi kritis tersebut, bisa Anda atasi dengan mengunyah permen karet, minum air putih, atau makan permen lolipop.

Tolong bagikan info ini ke teman, kerabat, dan keluarga Anda.

Back To Top