Sunday, September 24, 2017

Selain Enak Dicemil, Kerupuk Kulit Mempunyai Manfaat Seperti Ini Untuk Kesehatan Anda


Majalahkesehatan - Kerupuk sepertinya merupakan salah satu jenis camilan yang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Bahkan sepertinya, sebagian besar masyarakat Indonesia tidak nikmat makan tanpa ada kerupuk sebagai teman makan. Maka dari itu, penjualan kerupuk pun sangat laris di Indonesia dan saat ini banyak sekali produsen-produsen kerupuk yang sukses dan berhasil menyuplai kebutuhan kerupuk.

Salah satu jenis kerupuk yang merupakan primadona dan juga menjadi favorit dari kebanyakan masyarakat Indonesia adalah kerupuk kulit. Sesuai dengan namanya, kerupuk kulit ini berbeda dengan jenis kerupuk lainnya. Kerupuk kulit diolah dengan bahan dasar dari kulit hewan. Biasanyanya, kulit hewan yang digunakan adalah kulit sapi, kulit kerbau dan kulit babi.


Kerupuk kulit memiliki tekstur yang renyah dan garing, dengan bentuk yang biasanya kotak dengan rongga-rongga.

Biasanya kerupuk ini diolah dengan cara digoreng, dan dapat dimakan langsung, karena memiliki rasa yang gurih dan lezat. Selain itu, harga jual dari kerupuk kulit ini juga relative murah, sehingga makin banyak disukai oleh masyarakat.

Selain itu, harganya pun relatif murah sekali, sehingga sering dijadikan makanan yang sering dikonsumsi sehari-hari.

Selain memiliki rasa yang lezat, kerupuk kulit ini juga memiliki berbagai kandungan yang dapat dimanfaatkan untuk menyehatkan tubuh. Untuk anda yang ingin mengetahui apa saja manfaat dan khasiat kerupuk kulit ini, berikut inilah manfaatnnya:

1. Baik untuk kesehatan dan pertumbuhan tulang
Khasiat kerupuk kulit yang pertama yaitu dapat dimanfaatkan untuk menyehatkan dan membantu pertumbuhan tulang. Hal ini dikarenakan kerupuk ini memiliki kandungan fosfor serta kalsium yang cukup tinggi. Dimana kalsium dan fosfor sendiri merupakan unsur utama pembangun struktur tulang dan juga mampu memperbaiki tulang yang keropos. Maka dari itu seringlah mengkonsumsi kerupuk ini.

2. Meyembuhkan penyakit maag
Selain baik untuk kesehatan dan pertumbuhan tulang, manfaat lain dari kerupuk kulilt ini yaitu dapat menyembuhkan gejala mual dan perih pada perut akibat gangguan maag. Maka jika anda mengalami gejala maag, seirnglah mengkonsumsi kerupuk ini setiap gejala tersebut muncul. Dengan mengkonsumsinya, maka rasa sakit dan juga perih di lambung akibat gangguan maag dapat diatasi tanpa perlu berobat ke dokter.

3. Mengatasi rasa pedas
Mungkin sebagai orang menyukai rasa makanan yang pedas, sehingga jika mengkonsumsi berabagai makanan selalu menginginkannya memiliki rasa yang pedas. Tapi berbeda dengan orang yang kurang suka rasa pedas mungkin akan sering mengalami kepedasan di dalam mulut hingga tidak kuat menahannya. Maka anda dapat memanfaatkan kerupuk kulit ini untuk mengatasi rasa pedas tersebut, daripada terus menerus meminum air hingga merasa kembung. Kerupuk ini memiliki kandungan minyak yang cukup tinggi yang dapat berperan untuk menetralisir rasa pedas.

4. Memiliki kandungan protein hewani yang cukup tinggi
Sudah kita ketahui bahwa kerupuk kulit ini merupakan makanan olahan yang memiliki bahan dasat kulit sapi, kulit kerbau dan yang lainnya. Tentu kerupuk ini juga akan memiliki kandungan gizi turunan dari hewan tersebut yang penting, yaitu protein hewani. Dengan mengkonsumsinya anda dapat menambah asupan protein harian anda dengan mengeluarkan biaya yang sangat terjangkau.

5. Sebagai bahan campuran makanan
Biasanya kerupuk kulit ini juga digunakan sebagai bahan campuran makanan yaitu sambal goreng krecek, istilah krecek nya itulah yang menandakan kerupuk ini. Kerupuk tersebut akan menambah cita rasa yang renyah dan gurih didalam sambal goreng tersebut.

6. Sebagai camilan dan teman makan
Inilah yang sering kita temukan di sekitar kita, umumnya masyarakat Indonesia memang selalu memanfaatkan kerupuk kulit ini sebagai camilan dan juga teman makan. Rasa yang gurih serta tekstur nya yang renyah dapat meningkatakan kelezatan setiap jenis makanan yang ditemani dengan kerupuk ini. Selain itu, harganya yang relatif murah menambah kepuasan mengkonsumsinya sehari-hari.

7. Rendah kalori
Selain dapat bergungsi sebagai teman makan segala jenis menu makanan, kerupuk kulit ini memiliki kalori yang rendah. Jadi, anda dapat mengkonsumsinya tanpa takut berat badan bertambah. Selain itu, kerupuk ini juga dapat digunakan sebagai alternatif untuk melakukan program diet.

8. Melancarkan pencernaan
Kandungan dari kerupuk kulit ini juga bisa didapat akibat dari bahan dasar nya yaitu kulit sapi dan kerbau. Dimana didalamnya terdapat kandungan serat yang dapat dimanfaatkan untuk melancarkan pencernaan. Karena serat tersebut mampu mengontrol kerja sistem pencernaan agar menjadi lancar.

9. Menghasilkan energi cadangan
Selain memiliki rasa yang gurih dan juga tekstur yang renyah, kerupuk kulit ini juga mengandung protein hewani yang berasal dari bahan dasarnya. Protein tersebut dapat berfungsi untuk menyimpan energi cadangan di dalam tubuh.

10. Memperkuat pertumbuhan gigi
Kerupuk kulit ini sedikit juga dapat membantu memperkuat pertumbuhan gigi. Itu dikarenakan didalamnya terdapat kandungan kalsium dan fosfor yang akan memperkuat gigi agar tidak patah dan berlubang.

Tolong bagikan info ini ke teman, kerabat, dan keluarga Anda yang suka makan kerupuk kulit.

Back To Top