Monday, September 4, 2017

Begini Cara Alami Untuk Hentikan Kebiasaan Ngorok


Majalahkesehatan - Mengorok atau mendengkur tak hanya mengganggu kenyamanan tidur orang lain, tetapi juga tanpa disadari bisa mengurangi produktivitas. Karena ada banyak hal yang membuat seseorang jadi mengorok, maka komplikasi dan dampaknya pun bisa beraneka macam.

Suara ngorok atau dengkuran itu dihasilkan dari penyumbatan saluran napas, sehingga membuat bagian atas tenggorokan dan lidah bergetar ketika ada udara yang lewat, biasanya saat menarik napas. Inilah yang menyebabkan suara keras keluar saat tidur.

Tak hanya karena masalah anatomis saja, mendengkur juga bisa menjadi pertanda gangguan yang lebih serius, seperti obesitas, penuaan dan juga efek samping obat penenang atau alkohol.

Penyumbatan ini pada akhirnya dapat mengganggu pernapasan dan berdampak pada kualitas tidur.

Ketika pernapasan terganggu, sirkulasi oksigen yang penting bagi kelangsungan hidup sel di dalam tubuh juga sejenak terhenti.


Berikut ini adalah tips dan cara menghilangkan ngorok untuk mengeliminasi ngorok dari tidur dan Anda pun dapat mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik:

- Menurunkan berat badan berlebih merupakan cara menghilangkan ngorok paling ampuh yang paling utama. Orang dengan berat badan berlebih biasanya mempunyai jumlah lemak yang cukup banyak di tubuhnya, termasuk di daerah leher. Lemak yang berlebihan di daerah leher dapat ‘jatuh’ dan menekan tenggorokan sehingga saluran pernafasan yang menghubungkan hidung dan mulut ke paru-paru tersebut tersumbat. Sumbatan inilah yang membuat Anda mengorok di saat tidur. Dengan menurunkan berat badan berlebih, Anda dapat mengikis lemak berlebih di daerah leher sehingga akan menghilangkan ngorok.

- Olahraga adalah kunci nomor dua dari cara menghilangkan ngorok. Olahraga yang dilakukan dengan tepat dan teratur dapat membantu Anda menurunkan berat badan, mengencangakn otot tangan, lengan dan perut dan tentunya memperkuat otot pada daerah tenggorokan. Otot yang makin kuat di daerah tenggorokan ini dapat menjadi cara mengatasi ngorok yang mengganggu. Cara menghilangkan ngorok yang satu ini hendaknya dilakukan dengan reguler dan teratur.

- Berhenti merokok merupakan langkah penting selanjutnya yang harus Anda lakukan sebaga cara menghilangkan ngorok. Meski sulit dan mengandung banyak tantangan, berhenti merokok akan memberikan segudang manfaat yang baik bagi tubuh Anda. Asap rokok yang Anda hirup akan mengiritasi lapisan membrane pada hidung dan tenggorokan. Lapisan membrane yang teriritasi ini dapat menghalangi jalan nafas dan pada akhirnya menyebabkan ngorok.

- Ciptakan kebiasaan tidur yang baik adalah cara menghilangkan ngorok yang tidak boleh Anda sepelekan. Ya, mengatur jadwal tidur yang teratur, mulai dari jam tidur malam hingga mengatur jam bangun tidur pada pagi hari sangatlah penting. Dan pastikan Anda mendapat jumlah jam tidur yang cukup setiap malamnya, karena orang yang kurang tidur akan lebih sering mengorok dibandingkan mereka yang cukup tidur. Ikuti jadwal yang telah Anda buat tersebut hingga Anda dapat mendapatkan jadwal yang teratur. Cara menghilangkan ngorok yang satu ini dapat meningkatkan kualitas tidur Anda dan sering meminimalisasi ngorok.

- Membersihkan saluran pernafasan pada hidung sebelum tidur pada malam hari dapat menjadi cara menghilangkan ngorok yang efektif. Hal ini berlaku terutama bagi Anda yang memiliki hidung yang penuh dengan mukus dan jenis hidung yang sering tersumbat. Bersihkan hidung Anda sebelum tidur malam menggunakan pipet atau pelega hidung yang telah diisi larutan air garam. Bila Anda mempunyai alergi, bersihkan tempat tidur dan kamar dari debu atau bulu binatang setiap hari, terutama sebelum tidur. Alternatif lainnya adalah dengan mandi air panas sebelum Anda tidur, karena uap air panas tersebut akan membuat hidung dan saluran pernfasan menjadi lebih lega.

- Tidur dalam posisi miring adalah cara menghilangkan ngorok berikutnya yang juga sangat efektif. Salah satu cara yang disarankan untuk dapat tidur miring tanpa Anda sadari adalah dengan menjahit kaus kaki pada bagian belakang baju tidur Anda, lalu memasukkan bola tenis ke dalamnya. Dengan begitu, setiap Anda tertidur dalam posisi terlentang, secara ototmatis Anda akan berpindah menjadi posisi miring. Cara lebih mudahnya? Mintalah pasangan Anda untuk memiringkan badan Anda tiap kali Anda tidur dengan posisi terlentang dan mengorok.

- Minum air dalam jumlah yang cukup setiap harinya pun ternyata memiliki peranan dalam cara menghilangkan ngorok yang efektif. Tanpa cairan yang cukup. lendir atau mukus yang terdapat di saluran pernapasan akan menjadi lebih kental dan ini akan menyumbat saluran pencernaan Anda dan menciptakan ngorok saat tidur. Dengan minum air yang cukup, lendir tersebut akan menjadi lebih encer sehinggga akan menghilangkan ngorok. Seorang perempuan disarankan minum 11 gelas air setiap harinya, baik air minum maupun air yang terdapat pada makanan. Pria hendaknya minum minimal 16 gelas air setiap harinya.

- Menghindari alkohol sebelum tidur merupakan hal yang wajib dilakukan mereka yang berusaha berhenti ngorok. Cara menghilangkan ngorok yang satu ini merupakan salah satu cara yang ampuh dan jitu. Mengapa? Alkohol akan merelaksasi tonus-tonus otot di tubuh Anda (tidak heran Anda merasa nyaman setelah meminum alkohol bukan?), begitu pula otot di bagian saluran pernapasan Anda. Buruknya, otot di saluran pernapasan yang telah relaks dan lemas ini akan membuat Anda mengorok pada saat tidur. Maka, hindari alkohol terutama pada malam hari untuk menghilangkan ngorok.

- Hindari makan malam sebelum tidur minimal 3 jam sebelumnya. Makan makanan yang cukup banyak sebelum tidur akan membuat otot tenggorokan menjadi lemas dan relaksasi, mirip dengan efek yang ditimbulkan konsumsi alkohol sebelum tidur. Dan otot yang relaksasi ini akan membuat Anda lebih sering mengorok sewaktu tidur. Maka, cara menghilangkan ngorok kali ini adalah dengan menjauhkan makan malam yang berat minimal 3 jam sebelum tidur. Bahkan usahakan untuk tidak mengonsumsi apapun 2 jam sebelum tidur.

Jangan ragu untuk memeriksakan diri Anda ke dokter bila langkah-langkah di atas tidak mampu menghilangkan kebiasaan ngorok Anda. Ya, dokter dapat dan akan membantu Anda mengatasi masalah mengorok Anda. Semoga artikel ini memberi pengetahuan dan manfaat baru bagi kehidupan kesehatan Anda.

Tolong bagikan info ini ke teman, keluarga, dan kerabat Anda yang suka ngorok!

Back To Top